28/11/12

GM Rancang Ban Irit Bahan Bakar


    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda


Detroit, KompasOtomotif - General Motors berusaha menciptakan teknologi ban yang bisa mengirit konsumsi bahan bakar dengan menggandeng sejumlah peneliti independen. Untuk itu, raksasa otomotif asal Detroit ini, mengucurkan dana 5 juta dollar AS (Rp 48,1 miliar) untuk Pusat Penelitian Ban Nasional (NTRC) di Virginia, AS.

Dilaporkan, NTRC baru saja meresmikan lpenggunaan laboratorium mesin baru yang bisa menyimulasikan penggunaan ban pada kondisi sesungguhnya. Mesin itu juga mencatat efektivitas ban, misalnya berputar pada kecepatan 320 kpj, pengendalian, traksi dan pengereman pada permukaan jalan yang berbeda-beda.
Menurut GM, desain ban yang baik akan meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 7 persen. Data yang dihasilkan ini kemudian akan dijadikan acuan untuk menciptakan ban dengan karakteristik lebih baik sesuai dengan jenis kendaraan yang dibutuhkan.
"Fasilitas tes ini seperti teleskop standar yang membuka hal baru. Bisa menguji kemampuan ban ke tingkat maksimal dan akan menciptakan lompatan teknologi di industri ban," jelas Frank Della Pia, Executive Director NTRC.
sumber : Zulkifli BJ Kompas.com

Tidak ada komentar:

back to top