Tiga huruf ajaib
"DTM" (Deutsche Tourenwagen-Meisterschaft = Touring Car Championship
Jerman). Adalah salah satu even balap mobil touring taraf internasional yang paling
populer saat ini. Diikuti tiga pabrikan mobil terkenal Jerman, yaitu BMW dengan
mobil BMW M3 DTM, Audi dengan mobil Audi A5 DTM, berikutnya Mercedes-Benz
dengan AMG C-Coupe.
DTM season 2012,
yang di gelar pertama kali tgl 22 April 2012 di Wiesbaden dan di akhiri di Hockenheim, Jerman pada tgl 21
Oktober 2012. Pembalap Bruno Spengler dengan mengendarai BMW M3 DTM Bank dalam
lomba DTM seri kesepuluh dan terakhir untuk tahun ini berhasil memenangkan
gelar juara umum event DTM season 2012. Sedang untuk klasemen Team, posisi
pertama di duduki oleh Team BMW-Team-Schnitzer
dengan pembalapnya Bruno
Spengler / Dirk Werner, dan untuk posisi Manufaktur
di pegang pabrikan mobil BMW, di ikuti dibawahnya Audi, dan Mercedes Benz. Selengkapnya bisa dilihat di www.dtm.com
Berikut tampilan mobil-mobil DTM dari masing-masing team :
Chassis:
Serat karbon monocoque dengan tangki terintegrasi dengan roll bar gulungan baja, serat karbon pelindung tabrakan pada tiap sisi termasuk di bagian depan dan belakang
Length/width/height : 4,775 mm/1,950 mm/approx. 1,200 mm
Tank capacity:120 litres
Basic weight (termasuk driver) : 1,200 kg
Engine : 90° V8 aspirated engine, 4 valves per cylinder, 2 x 28.0mm air restrictors (in accordance with regulations)
Capacity : 4,000 ccm
Output : approx. 480 bhp (with air restrictors, in accordance with regulations)
Max. torque : approx. 500 Nm
0-60 mph : 3 seconds
Top Speed : 186 mph.
Engine management system : Bosch MS 5.1 engine control unit, without fuses, central display
Transmission : Sequential 6-speed sport gearbox, dioperasikan melalui pneumatic shift paddles dipasang di kemudi, 4-piring ZF Sachs kopling serat karbon, adjustable multi-disc limited-slip differential
Front axle/rear axle : Double wishbone axle pushrods dan adjustable shock absorbers dengan enam pengaturan, H & R coil springs
Brakes : Hydraulic dual-circle braking system; monoblock, light-alloy brake callipers; , rem cakram berventilasi di bagian dalam-depan dan belakang ; brake-force distribution dapat disesuaikan terus menerus oleh driver ; electromagnetic starting valve
Wheels : Forged aluminium rims; 18" x 12" front, 18" x 13" rear
Tyres : Hankook; front: 300-680-18, rear: 320-710-18
Serat karbon monocoque dengan tangki terintegrasi dengan roll bar gulungan baja, serat karbon pelindung tabrakan pada tiap sisi termasuk di bagian depan dan belakang
Length/width/height : 4,775 mm/1,950 mm/approx. 1,200 mm
Tank capacity:120 litres
Basic weight (termasuk driver) : 1,200 kg
Engine : 90° V8 aspirated engine, 4 valves per cylinder, 2 x 28.0mm air restrictors (in accordance with regulations)
Capacity : 4,000 ccm
Output : approx. 480 bhp (with air restrictors, in accordance with regulations)
Max. torque : approx. 500 Nm
0-60 mph : 3 seconds
Top Speed : 186 mph.
Engine management system : Bosch MS 5.1 engine control unit, without fuses, central display
Transmission : Sequential 6-speed sport gearbox, dioperasikan melalui pneumatic shift paddles dipasang di kemudi, 4-piring ZF Sachs kopling serat karbon, adjustable multi-disc limited-slip differential
Front axle/rear axle : Double wishbone axle pushrods dan adjustable shock absorbers dengan enam pengaturan, H & R coil springs
Brakes : Hydraulic dual-circle braking system; monoblock, light-alloy brake callipers; , rem cakram berventilasi di bagian dalam-depan dan belakang ; brake-force distribution dapat disesuaikan terus menerus oleh driver ; electromagnetic starting valve
Wheels : Forged aluminium rims; 18" x 12" front, 18" x 13" rear
Tyres : Hankook; front: 300-680-18, rear: 320-710-18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar