Mazda Biante
mendapatkan namanya dari kata Ambient, yang dirancang khusus dan hanya tersedia
untuk pasar Jepang sejak 2008. Mobil ini memulai debutnya pada bulan Juli 2008
dan penjualan melampaui target pada bulan pertama. Hal ini jelas membuat Mazda
berharap meraup sukses di Indonesia, layaknya di Jepang.
Melihat bandrol
harga Mazda Biante , mobil ini akan bersaing dengan Hyundai H-1 , daripada
dengan mobil yang lebih mahal seperti Toyota Alphard, dan jika pemenang
diputuskan hanya berdasarkan penampilan, Mazda Biante –lah yang akan keluar sebagai
pemenang.
Hanya ada
satu versi Mazda Biante tersedia di Indonesia didukung mesin berkapasitas
2.0 liter DISI in line 4 cylinder DOHC, 16 katup dengan sequential valve timing dan electronic
throttle control. Mesin
ini memiliki daya maksimal 150ps rpm / 6.200 dengan torsi maksimal 19,4 kg-m /
4.500 rpm. Biante tersedia hanya dalam 5 kecepatan transmisi otomatis.
Ukuran Mazda
Biante, panjang 4.715 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.835 mm, jauh lebih kecil
dibanding Hyundai H-1 yang memiliki panjang 5.125 mm, lebar 1.920 mm dan tinggi 1.935 mm.
Namun ukuran Biante yang lebih kecil justru memberikan efisiensi bahan bakar
yang lebih baik, sebesar 13,6 km / liter ((under Japan’s 10-15
mode test cycle)
berkat ‘i-stop’ engine stop/start system. Tangki bahan bakar dapat menampung
maksimal 60 liter bahan bakar bensin.
Desain Mazda
Biante dimaksudkan untuk menarik pada pandangan pertama. Ada unit lampu tajam
yang mengalir ke dalam jendela segitiga besar A-pilar yang memberikan kesan
futuristik terhubung mulus sepanjang sepanjang jendela samping. Pada sisi
depan, terdapat tiga bar fasia yang berbeda dengan fog lamp dalam frame
segitiga di setiap sisi.
Bagian
belakang Mazda Biante juga sama eye catching. Ada dua reflektor vertikal dibangun ke setiap sisi bumper belakang serta
lampu besar kombinasi LED belakang dengan sentuhan krom di sana-sini.
Interior Mazda
Biante diklaim sebagai interior terpanjang dan dengan dimensi terluas di
kelasnya. Kesan luas dan terbuka ditekankan oleh jendela samping yang luas dan
rendah dengan desain segitiga besar pada jendela A-pilar. Jok penumpang baris kedua
dapat didorong mundur sejauh 863 mm dan
aperture yang lebar, pintu geser ganda serta lantai yang rendah, menambah nyaman
ruang kabin belakang.
Pintu geser
dilengkapi dengan sensor sentuh untuk mencegah penutupan jika ada sesuatu yang
menghalangi pembukaan. Dan keindahan Mazda Biante dibandingkan dengan pesaing
di kelasnya adalah bahwa Mazda Biante memiliki dua pintu geser.
Fitur
tambahan yang memberikan ruang kabin yang bersih dan nyaman termasuk pemurnian
udara 'Nanoe ion' sistem, Allergy Buster unit (a particulate filter untuk membantu
penderita alergi), pewangi di langit-langit kabin dan kain jok mudah-lap.
Mazda Biante
dibandrol dengan harga Rp 380 juta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar